Fungsi Lem Epoxy Resin Serbaguna


Lem epoxy resin adalah suatu lem modern yang memiliki berbagai fungsi yang bis diAndalkan dan juga bisa mengtasi hal-hal yang tidak bisa diAndalkan untuk fungsi lem-lem sebelumnya, sifatnya yang bisa memadatkan dan juga permukaanya ada yang bening dan juga keunggulannya yang mudah sekali dalam proses pengeringannya, menjadikan adhesive ini adalah lem primadona pendatang baru.

Secara umumnya saja, lem ini adalah lem struktural, yaitu fungsi lem epoxy resin pada umumnya adalah untuk merekatkan media dan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, lem ini bisa mengisi sebuah bagian yang kosong. Pada suatu hal tertentu, lem ini bisa digunakan sebagai bahan yang dapat dipercaya dan diAndalkan untuk memperbaiki bagian-bagian yang berlubang dan suatu retkan-retakan tingkat yang ringan. Dengan sifatnya yang dapat mengisi inilah kenapa adhesive ini diAndalkan.

Fungsi Lem Epoxy Resin Sesuai Komponen

Fungsi lem epoxy resin bisa dibedakan menjadi dua, dengan membedakan media mana yang akan direkatkan, yaitu dengan 1 komponen dan 2 komponen, atau biasa disingkat 1 K atau 2 K, dengan fungsi dan kondisi yang berbeda jelas untuk pengelompokannya sendiri. Lem epoxy dengan proses ini akan dijelaskan sebagai berikut :

  1. 1 K (1 Komponen)

Lem epoxy dengan teknik satu komponen atau 1 K umumnya memiliki perfoma yang baik untuk memenuhi kebutuhan pengeleman mental. Lem ini juga memiliki daya rekat baik dan tahan terhadap berbagai bahan kimia. Biasanya digunakan  untuk pengeleman pada suatu benda pada pesisir pantai karena udara pinggir pantai adalah udara yang bercampur dengan air asin atau juga untuk pengeleman kapal laut, sangat berguna.

  1. 2 K (2 Komponen)

Lem epoxy dengan teknik dua komponen berbeda dengan 1 komponen, di mana proses katalisasinya terjadi pada suhu lingkungan dan bisa ditingkatkan dengan kenaikan suhu. Jenis adhesive ini cocok untuk pengeleman yang membutuhkan resistensi terhadap tekanan beban yang besar.

Fungsi Lem Epoxy Resin Tidak Untuk Semua Pengeleman

Fungsi lem epoxy resin tidak dianjurkan untuk digunakan pada semua proses pengeleman, semua proses perekatan tentunya berbeda-beda jenis lem yang digunakan. Lem ini memang bagus tapi jug ada batasannya juga penggunaannya.

Sperti saat Anda ingin mengelem sepatu Anda yang jebol, maka Anda membutuhkan lem atu adhseive seperti lem dengan merk Castol atau adhesive jenis cyanorvylate, jadi perekatannya akan lebih sempurna.

Jadi, seperti itulah fungsi lem epoxy resin, jadi jangan salah pakai dan salah penggunaannya ya.